Wednesday, December 31, 2008

Mendongkrak Self Esteem

http://zulfa4wliya.wordpress.com
Posted by zulfa4wliya
5 Jurus memompa self esteem..
Self esteem adalah berpikir setinggi mungkin sebagaimana halnya anda pikirkan terhadap teman anda. Self (anda) esteem ( lebih menyukai..)artinya anda menyukai diri anda sebanyak mungkin, baik yang di dalam maupun luar anda.Self esteem juga berarti anda memberikan penghargaan pada harga diri anda sendiri maupun pentingnya anda.
Apakah anda merasa tersiksa dengan self esteem anda yang rendah, sehingga hal ini mempengaruhi seluruh ruang kehidupan anda?
Abraham Maslow mendeskripsikan bahwa ada dua bentuk kebutuhan self esteem ini, pertama: kebutuhan untuk mendapatkan pengakuan/respect dari orang lain, kedua : kebutuhan mendapatkan pengakuan dari pribadi sendiri.
Self respect/pengakuan dari diri sendiri mencakup rasa percaya diri (feeling of confidence), prestasi, kompetensi dan ketidak tergantungan. Penghargaan atau pengakuan dari orang lain mencakup: penerimaan, apresiasi, pengakuan (recognition). Maslow menandaskan bahwa jika kebutuhan-kebutuhan ini tidak dipenuhi akan menimbulkan ketidakpercayaan diri, ketidakberanian, lemah dan rendah diri/inferior…
Lantas bagaimana seseorang dapat meningkatkan self esteem-nya? Bagaimana anda merasakan diri anda dapat berbeda dari hari ke hari?
1. stop…jangan bandingkan diri anda dengan orang lain
Kita, secara alamiah, cenderung menggunakan orang lain untuk menilai dan mengukur penampilan, atribut atau kemampuan kita. Konsekuensinya kita sering merasa bahwa diri kita tidak sebanding dengan orang lain dalam pandanganmata kita sendiri atau kita merasa tidak beranjak kepada apa yang kita persepsikan sebagaimana yang diharapkan orang lain terhadap kita. Selalu saja ada orang lain yang lebih baik dalam berbagai cara/segi dari pada anda tapi sekedar bagian dari kekayaan atau perbedaan hidup dan anda memilki beribu atribut lain yang tidak dimiliki orang lain. Jadi konsentrasikan pada apa yang anda miliki daripada apa yang tidak anda miliki.
Apakah hal ini benar-benar menjadi masalah mengenai apa yang dipikirkan orang lain tentang anda? Ketika kita muda, kita mencoba untukmemenuhi apa yang menjadi harapan keluarga, tapi pada suatu ketika kita beranjak dewasa dan tua kita seharusnya mencoba dan ….pada harapan sendiri berbdasarkan pada apa yang benar-benar kita inginkan dalam hidup ini. Saya sering mengingatkan ddiri sendiri: “apa yang orang lain pikirkan tentang diriku adalah bukan urusanku”
2. Yang berlalu biarlah berlalu
Seringkali kita menguras waktu dan energi pikiran untuk memikirkan kesalahan yang telah lewat dan membiarkan hal ini mengkontrol perasaan dan pikiran kita saat ini. Setiap orang membuat kesalahan dan kita harus dapat memaafkan dan melupakan siapa yang berlawanan dan kita harus tetap maju.
Mirip dengan hal ini adalah jika anda masih terus menyalahkan diri anada atas kesalahan yang telah lewat, anggaplah ini sebagai pelajaran yang anda dapatkan dan tetaplah terus melaju. Lebih dari ini, berkonsentrasilah pada achievement/ketangkkasan/ketrampilan anda, walau hanya sejenak dan setiap hari, hal ini dapat membangun self esteem anda.
3. Terimalah diri anda sebagai pribadi yang unik.
Anda adalah unik…jadi terimalah diri anda sebagai adanya. Tentu dunia ini akan membosankan mnakala dihuni oleh orang yang sama, khususnya manakala kita semua sempurna. Jadi pikirkanlah mengenai apa yang anda inginkan dalam hidup ini, bukan apa yang kamu pikirkan apa yang seharusnya kamu inginkan berdasarkan atas apa yang kamu pikirkan orang lain harapkan. Ini adalah mengenai kamu hidup dalam kehidupan kamu bukan mereka
Salahsatu cara menguatkan self esteem ini adalah dengan berolah raga, tidak harus olah raga berat, cukup
dengan jalan-jalan 2-3kali dalam seminggu akan meningkatkan kadar horman rasa nyaman. Aktivitas outdoors juga dapat mendorong
untuk berpikir positif.
4. Buatlah buku jurnal pribadi
Membuat jurnal pribadi rasanya merupakan pekerjaaan berat tapi sesungguhnya hal ini merupakan pengalaman yang sangat berharga. Anda perlu memperbarui jurnal ini secara berkala tapi tidak harus setiap hari. Sebagai awalnya, anda dapat menulis hal-hal yang berkualitas dari diri anda. Anda tidak harus berpikir untuk menuliskannya semua, tapi anda dapat menambahkannya kemudian. Dengan melihat catatan ini dan setiap kali mereviewnya akan menguatkan kembali pikiran anda.
Begitu pula daftarlah prestasi anda dalam jurnal harian ini sehinga anda dapat menambahkannya kemudian dan mengadakan review sepanjang waktu.
Dalam jurnal ini anda dapat menuliskan peraan anda dan mungkin juga hal-hal yang memicu menurunnya self esteem anda. Sementara anda berusaha untuk memompa self esteem, anda dapat melihat kebelakang hal-hal yang mendorong kemajuan dan mengapa ada waktu-waktu tertentu dimana anda dapat mencapai self esteem yang tinggi maupun yang rendah. Kemajuan-kemajaun ini ada masanya sendiri, anda mungkin tidak menyadarinya bila anda tidak mencatatnya.
5. Tentukan beberapa tujuan.
Jika anda menghendaki perubahan dalam hidup anda, anda perlu membuat tujuan yang lebih khusus lagi. Cara terbaik untuk meraihnya adalah dengan menuliskannya, di buku jurnal tentu lebih baik.
Belajar akan memperlihatkan bahwa anda akan dapat meraih sasaran dan tujuan anda jika anda mencatatnya dan mereviewnya sevra berkala. Realistislah dengan tujuan anda dan buatlah jangka waktu untuk mencapainya. Jika anda gagal mencapai sesuai waktu yang ditargetkan, jangan anda merasa gagal, tapi set ulang tujuan ini dan ukuran yang lebih jelas.
Kesimpulannya adalah, self esteem yang lebih baik akan mungkin anda raih jika anda mau mengkontrol hidup anda dan proses berpikir.

No comments:

Post a Comment